Anatomi Fisiologi Sistem Pernafasan

Anatomi Fisiologi Sistem Pernafasan - Saluran nafas yang terdiri dari  hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus dan juga alveoli yang terdapat suatu sistem yang sedemikian rupa dapat menghangatkan udara sebelum sampai ke alveoli. Terdapat juga suatu sistem pertahanan yang memungkinkan kotoran atau benda asing yang masuk dapat dikeluarkan baik melalui batuk ataupun bersin.

Anatomi Fisiologi Sistem Pernafasan


anatomi fisiologi pernafasan

Hidung

Nares anterior merupakan saluran yang ada di dalam rongga hidung. Saluran ini bermuara ke dalam bagian yang biasa dikenal dengan vestibulum. Rongga hidung yang mempuyai lapisan selaput lendir sangat kaya akan pembuluh darah, dan bersambung dengan lapisan farinx dan dengan selaput lendir sinus yang mempunyai lubang masuk ke dalam rongga hidung. Septum nasi memisahkan kedua cavum nasi. Struktur ini tipis terdiri dari tulang dan tulang rawan, sering membengkok kesatu sisi 

Faring (Tekak)

Farinx adalah pipa berotot yang berjalan dari dasar tengkorak sampai persambungan-nya dengan oesopagus pada ketinggian tulang rawan krikoid. Maka letaknya di belakang larinx (larinx-faringeal). Orofaring adalah bagian dari faring merupakan gabungan sistem respirasi dan pencernaan. 

Laring (tenggorok)

Terletak pada garis tengah bagian depan leher, sebelah dalam kulit, glandula tyroidea, dan beberapa otot kecil, dan didepan laringofaring dan bagian atas esopagus.

Epiglotis

Cartilago bentuknya yang sperti daun dan tumbuh keatas dibelakang dasar lidah. Epiglottis yaitu melekat pada bagian belakang Vertebra cartilago thyroideum. Plica aryepiglottica, berjalan kebelakang dari bagian samping epiglottis menuju cartilago arytenoidea, membentuk batas jalan masuk laring 

Plica Vokalis

Plica vocalis adalah dua lembar membrana mukosa tipis yang terletak di atas ligamenturn vocale, dua pita fibrosa yang teregang di antara bagian dalam cartilago thyroidea di bagian depan dan belakang. membrana mukosa tepat di atas plica vocalis sejati. Bagian ini tidak terlibat dalam produksi suara.

Otot-otot

Otot yang melekat pada cartilago arytenoidea, cricoidea, dan thyroidea, yang dengan kontraksi dan relaksasi dapat mendekatkan dan memisahkan plica vocalis. Otot-otot tersebut di inervasi oleh nervus cranialis X (vagus).

Fonasi

Suara dihasilkan oleh vibrasi plica vocalis selama ekspirasi. Suara yang dihasilkan dimodifikasi oleh gerakan palatum molle, pipi, lidah, dan bibir, dan resonansi tertentu oleh sinus udara cranialis. 

Trachea/Batang Tenggorokan

Trachea merupakan tabung yang fleksibel panjang sekitar 10 cm dengan lebar 2,5 cm. Trachea tersusun atas 16 - 20 lingkaran tak- lengkap yang berupan cincin tulang rawan yang diikat bersama oleh jaringan fibrosa dan yang melengkapi lingkaran disebelah belakang trachea, selain itu juga membuat beberapa jaringan otot.

percabangan bronkus


Bronchus

Percabangan saluran nafas dimulai dari trakea yang bercabang menjadi bronkus kanan dan kiri. beberapa bronkus bercabang sampai dengan 20-25 kali sebelum sampai ke alveoli. 

Alveoli

Bagian terakhir dari perjalanan udara adalah di alveoli yaitu sekitar 300 juta lebih alveoli di kedua paru dengan diameter masing-masing rata-rata 0,2 milimeter.

kantong alveoli

Paru-paru

Sistem pernafasan pada dasarnya dibentuk oleh jalan atau saluran nafas dan paru-paru beserta pembungkusnya (pleura) dan rongga dada yang melindunginya. Di dalam rongga dada terdapat juga jantung di dalamnya. Rongga dada dipisahkan dengan rongga perut oleh diafragma.

paru-paru


Paru-paru terdapat dalam rongga thoraks pada bagian kiri dan kanan. Paru-paru memilki :
  1. Apeks paru yang terdapat dalam leher sekitar 2,5 cm diatas calvicula
  2. costo vertebra yaitu menempel pada bagian dalam dinding dada
  3. mediastinal yaitu menempel pada perikardium dan jantung.
  4. basis yaitu terletak pada diafragma
otot pernafasan


Rongga dada diperkuat oleh tulang-tulang yang membentuk rangka dada. Rangka dada terdapat costae, sternum yaitu tempat sebagian iga-iga menempel tepat di depan, dan vertebra torakal tempat menempelnya iga-iga tepat di bagian belakang.

Terimakasih atas kunjungan anda di blog yang sederhana ini. bila materi yang admin sajikan bermanfaat. jangan lupa bagikan keteman perawat lainnya yang membutuhkan, Salam Ners

0 Response to "Anatomi Fisiologi Sistem Pernafasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel